Saturday, June 20, 2009

TEKNIK CT. PERFUSI PADA PASIEN STROKE

Sejak mulai diperkenalkannya CT-scan pada awal tahun 1970-an oleh Geodfrey Hounsfield, CT-scan telah berkembang dengan pesat. Dengan mulai berkembangnya waktu scaning sampai dengan sub-second dan muncul munculnya tehnologi slip ring yang menyebabkan lahirnya spiral/helical pada tahun 1990 oleh Willy Kalender telah memungkan untuk melakukan pemeriksaan pada bermacam-macam aplikasi yang tidak memungkinkan dilakukan oleh CT-scan generasi konvensional. Meskipun demikian pada beberapa pemeriksaan tertentu seperti pemeriksaan kepala masih dapat dilakukan dengan variasi lama pemeriksaan tergantung pesawat CT-scan yang digunakan.
Secara umum pemeriksaan kepala/brain masih mendominasi pemeriksaan CT-scan dilapangan. Standar protokol pemeriksaan kepala/brain berdasarkan hasil survey pada beberapa rumah sakit yang memiliki CT-scan di Indonesia oleh Ardiyanto dan Lombardo tahun 2003 secara umum dilakukan dengan scanogram mulai dari basis cranium sampai dengan vertek. Pemeriksaan CT-scan dengan teknik Perfusi masing jarang dilakukan di Indonesia karena masih terbatasnya CT-scan yang dilengkapi dengan sofware perfusi.

- Persiapan pasien.
Seperti halnya prosedur Ct.kepala/brain pada umumnya, pemeriksaan Ct.Perfusi pada kasus stroke non hemoragik dilakukan tanpa persiapan khusus. Hanya benda-benda yang menimbulkan artefak seperti anting-anting, kaca mata, alat bantu dengar, jepit rambut dan lain-lainnya harus dilepas.

- Positioning
Pasien diposisikan supine diatas meja pemeriksaan dengan kepala dekat gantri.
Kepala diposisikan sehingga mid sagital plane sejajar dengan lampu indikator horizontal.
Lengan pasien dapat diatur diatas perut atau disamping tubuh. Untuk menghindari pergerakan pasien dilakukan dengan menempatkan kepala pada head holder dan straining straps untuk tubuh.
Demi kenyamanan pasien dapat diberi selimut.
Pesawat Ct.Scan yang dilengkapi dengan software Perfusi. Download makalah dari PC Anda


3 comments:

  1. Bang punya artikel tentang cone down view ga?

    kalo ga teknik pemeriksaan sakrum kalo ada.

    thanks.

    ReplyDelete
  2. kalo teknik sacrum untuk ct scan jarang kasusnya. cone down itu artikel tentang ct scan juga?

    ReplyDelete
  3. Pak, apakah ada dokter atau rumah sakit yang sudah menerapkan CT perfusi ini di Indonesia ? Terima kasih infonya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung pada Blog kami, jika teman sejawat berkenan meninggalkan pesan, kritik dan saran, bisa mengisi kolom komentar dibawah ini.