Friday, January 21, 2011

Aplikasi Sistem Point Sebagai Acuan Standarisasi Faktor Ekposi

Download MateriKenyataan di lapangan bahwa radiografer dalam membuat suatu radiograf dengan mengacu pada tabel yang telah ditentukan atau ditulis, sebagai acuan dalam melakukan eksposi atau pemotretan. Biasanya radiografer sulit mengingat kuantitas faktor eksposi yang sudah dituliskan atau ditabelkan dan mengalami kesulitan apabila menggunakan pesawat Sinar-X yang berbeda. Data dari tabel tersebut juga bukan dari perhitungan secara matematis, akan tetapi berdasarkan dari pengalaman dan kira-kira, sehingga sangat tergantung perasaan.
Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan bahwa terjadinya reject atau penolakan film sebesar 60 % disebabkan karena kesalahan kuantitas faktor eksposi. Dengan terjadinya pengulangan foto maka dosis yang diterima pasien akan semakin bertambah, dan juga hal ini menjadikan biaya yang dikeluarkan semakin banyak.

A. Masalah

1. Reject film akibat penentuan faktor eksposi yang tidak tepat termasuk tinggi
2. Perhitungan penentuan faktor eksposi dari Siement dan Dupont tidak pernah diajarkan
3. Perbedaan antara satu Radiografer dengan Radiografernya dalam pemahaman penentuan faktor eksposi.

B. Tujuan

Sistem poin bertujuan untuk menerapkan perhitungan faktor eksposi yang lebih logis sehingga dalam pengaturan kuantitas faktor eksposi dapat ditentukan dengan tepat dan akhirnya dapat menghasilkan suatu radiograf yang mempunyai kualitas yang optimal untuk mendukung diagnosa.

C. Manfaat Penulisan

1. Dapat diterapkan di rumah sakit untuk membantu radiografer dalam menentukan kuantitas faktor eksposi, sehingga kualitas radiograf yang dihasilkan lebih optimal dan bervariasi.
2. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang radiofotografi khususnya
tentang penentuan faktor eksposi
Untuk makalah lebih lengkap silahkan klik Download Materi

4 comments:

  1. ass agak sulit u/ download mas..:)
    ziddunya sk hang..!!

    ReplyDelete
  2. jika tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kegagalan film dan menyamakan FE buat radiografer, buat RS ber-budget besar dpt memakai pesawat dgn AEC ( Automatic Exposure Control) jd FE nya sama untuk semua pasien yg berbeda ukuran besar kecilnya sekalipun krn out put FE akan diatur secara otomatis oleh alat...

    ReplyDelete
  3. kalau sistem point siemens itu apa ya? mohon penjelasannya, terimakasih :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung pada Blog kami, jika teman sejawat berkenan meninggalkan pesan, kritik dan saran, bisa mengisi kolom komentar dibawah ini.